Soal UKK Kewirausahaan Kelas XI SMK Semester Genap (2) TA 2015/2016 - foldersoal.com

Soal UKK Kewirausahaan Kelas XI SMK Semester Genap (2) TA 2015/2016



I.Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling benar! 
1.Advertensi yang pemasangannya dilakukan di luar bangunan disebut ….
a.print advertising c.speciality advertising e.electronic advertising 
b.transit advertising d.outdoor advertising 

2.Advertensi yang memberi kesempatan untuk menampilkan perusahaan dan hasil-hasil produksinya disebut ….
a.impersonality c.public presentation e.amplified expressiveness 
b.indirect action advertising d.direct action advertising 

3.Keuntungan promosi adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.meningkatkan produksi perusahaan 
b.meningkatkan biaya perusahaan
c.meningkatkan omset penjualan 
d.mengingatkan konsumen terhadap penduduk 
e.produk perusahaan lebih terkenal 

4.Ciri-ciri advertensi sebagai berikut, kecuali ….
a.identitas sponsornya jelas 
b.biaya relative tinggi 
c.keluasan dalam penampilan 
d.penyewaan ruang dan waktu pada media massa 
e.sasarannya terbatas 

5.Advertensi yang dilakukan dalam satu wilayah tertentu dalam satu Negara misalnya advertensi sebuah produk di Pulau Jawa disebut ….
a.local advertising c.regional advertising e.unilateral advertising 
b.national advertising d.transitions advertising 

6.Pertukaran antara dua jenis benda, pikiran, tenaga, jasa, kepandaian, cita-cita dan sebagainya disebut ….
a.pembelian c.jual beli e.politik penjualan 
b.penjualan d.hukum penjualan 

7.Promosi adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan adalah definisi promosi menurut ….
a.Martin L. Bell c.William J. Stanton e.D.W. Foster 
b.Philip Kotler d.Wiliam G. Nickels 

8.Berikut ini yang tidak termasuk dalam promotional mix adalah ….
a.advertensi c.personal selling e.publicity 
b.sales promotion d.distribution 

9.Tujuan utama advertensi adalah …. 
a.meningkatkan penjualan produk 
b.memasuki daerah pemasaran baru 
c.mencegah barang tiruan 
d.memperkenalkan produk 
e.mendukung program personal selling dan kegiatan promosi lainnya 

10.Advertensi yang berusaha memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat disebut ….
a.public service institutional advertising 
b.public relation institutional advertising 
c.patronage institutional advertising 
d.trade institutional advertising 
e.product institutional advertising 

11.Pemajangan barang dagangan yang dilakukan di luar toko untuk menarik perhatian konsumen yang enggan masuk ke toko disebut ….
a.open display c.exterior display e.attraction display 
b.window display d.interior display 

12.Ciri-ciri personal selling adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.identitas sponsornya jelas 
b.biaya relative tinggi 
c.ada keleluasaan dalam penampilan 
d.sasarannya sangat luas 
e.konsumen memberikan respon seketika kepada tenaga penjual

13.Cara prospecting yang ditempuh salesman dengan menggunakan petugas penarik tagihan rekening air, pengantar Koran atau penjual makanan untuk mencari keterangan tentang kebutuhan konsumen yang dituju disebut cara ….
a.berantai tanpa akhir c.cold canvass e.penggunaan pusat pengaruh 
b.bid dog d.langsung 

14.Yang tidak termasuk pre approach (pendekatan pendahuluan) adalah ….
a.mengatasi keberatan konsumen 
b.menghindari kemungkinan terjadinya kekeliruan 
c.mendapatkan tambahan keterangan tentang prospek 
d.supaya salesman lebih meyakini dengan tugasnya 
e.memperoleh gambaran tentang pendekatan yang paling sesuai untuk prospek

15.Harga taksiran pembeli dan penjual terhadap barang akan dibeli atau dijual disebut harga …. 
a.subjektif c.bebas e.dumping 
b.objektif d.pabrik 

16.Harga yang diberitahukan terlebih dahulu dan biasanya pembeli akan memperoleh suatu potongan disebut harga …. 
a.objektif b.neto c.produk d.daftar e.pabrik 

17.Advertensi yang berhasil dapat memberikan keuntungan berikut, kecuali ….
a.mencapai sasaran yang dimaksud perusahaan 
b.meningkatkan efisiensi pemakaian modal kerja
c.biaya produksi dan biaya pemasaran turut meningkat
d.omset penjualan dapat meningkat 
e.laba usaha tiap unit dan laba todal meningkat

18.Contoh media advertensi berupa direct advertising adalah …. 
a.slides c.majalah e. kalender 
b.papan reklame d.radio 

19.Berikut ini yang bukan cirri-ciri sales promotion adalah ….
a.ada respon langsung konsumen terhadap perusahaan 
b.biaya relative tinggi 
c.memiliki kemampuan persuasi yang kuat 
d.identitas sponsornya jelas 
e.sasarannya luwes 

20.Tujuan perusahaan menetapkan harga produknya antara lain sebagai berikut, kecuali untuk …. 
a.meraih rate of return c.meningkatkan volume penjualan e.mendapatkan share pasar 
b.mencapai likuiditas d.mendapatkan laba maksimum 

21.Sasaran penetapan harga yang berorientasi pada penjualan tujuannya untuk ….
a.mencapai target laba investasi c.meningkatkan bagian pasar e. menangkal persaingan 
b.memaksimalkan laba d.menstabilkan harga 

22.Menetapkan harga produk murah dan kualitas produknya juga rendah disebut strategi 
a.premium c.super d.margin e.cheap goods 
b.penetrasi d.shoody goods 

23.Product approach merupakan salah satu cara penjual untuk mendekati pembeli dengan 
a.melalui peragaan c.suatu kejutan e.memberi pujian 
b.melalui barang dagangan d.memberi manfaat 

24.Salah satu pendekatan yang dilakukan penjual kepada pembeli melalui peragaan disebut ….
a.compliment approach c.consumer benefit approach e. product approach 
b.attention approach d.showmanship approach 

25.Seseorang membeli barang karena merasa malu kalau dikalahkan oleh rivalnya sehingga ia membeli barang seperti yang sudah dibeli rivalnya. Motif dalam pembelian ini adalah motif …. 
a.kreatif dan takut c.bersaing e.kebanggaan 
b.rasa malu d.iri hati 

26.Surat perjanjian yang disaksikan dan disahkan oleh suatu badan yang berwenang disebut perjanjian ….
a.autentik c.resmi e.kerja sama 
b.dibawah tangan d.niaga 

27.Potongan timbangan pembungkus barang yang diberikan penjual kepada pembeli karena barang yang diserahkan ternyata masih terbungkus disebut ….
a.rafaksi c.rabat e.group discount 
b.cash discount d.tara 

28.Dalam suatu perjanjian jual beli yang dimaksud dengan pihak pertama adalah .…
a.saksi c.penghubung e.pembeli 
b.komisioner d.penjual 

29.Suatu sacara tententu yang digunakan pada waktu melakukan negosisasi dalam upaya untuk memperoleh suatu hasil persetujuan yang terbaik untuk pihak-pihak yang berunding disebut ….
a.strategi c.teknik e.tujuan
b.taktik d.sasaran 

30.Alasan menggunakan saluran distribusi sebagai berikut, kecuali ….
a.adanya kebutuhan yang harus dipenuhi 
b.penghematan biaya 
c.produsen dapat berkonsentrasi dalam berproduksi 
d.jarak yang terlalu dekat antara produsen dan konsumen 
e.penghematan waktu 

MAU SUKSES LIHAT WEB.REFLIKA DENGAN ALAMAT :
1.http://www.tabunganekstra.com/?ref=69335
2.http://www.modalekstra.com/?ref=financial
3.http://www.investasiusaha.com/?id=rakh7691

31.Untuk menyalurkan barang convenience goods menggunakan saluran secara ….
a.banyak perantara c.ekstensif e.eksklusif 
b.intensif d.selektif 

32.Keputusan tentang temapt penyaluran produk dipengaruhi oleh berikut ini, kecuali 
a.biaya dan lamanya tempat penyaluran 
b.luas tempat penyaluran 
c.biaya produksi 
d.persediaan produknya 
e.keamanan tempat penyaluran produk 

33.Lokasi pemasaran yang diinginkan oleh para konsumen sebagai berikut, kecuali ….
a.adanya fasilitas parkir yang luas 
b.fasilitas transportasi yang cukup tersedia dan lancar 
c.keamanan dan keselamatan konsumen terjamin 
d.fasilitas pemerintah setempat yang sangat menunjang 
e.cukup tersedianya produk-produk yang dibutuhkan 

34.Untuk pengangkutan barang-barang berat dalam jarak jauh dipilih alternative angkutan berupa …. 
a.kereta api c.kapal laut e.bus 
b.truk d.kapal udara 

35.Faktor-faktor terjadinya jual beli sebagai berikut, kecuali ….
a.barang dagangan c.calon penjual e.kata sepakat 
b.calon pembeli d.perantara 

36.Harga jual produk yang ditetapkan dengan cara menambahkan suatu persentase tertentu dari total biaya variable atau harga beli dari seorang pedagang disebut ….
a.mark up pricing c.cost plus pricing e.dumping pricing 
b.surplus pricing d.target pricing 

37.Penetapan harga dimana perusahaan mengetahui bagaimana satuan produk itu dijual pada harga tertentu untuk mengembalikan dana yang tertanam dalam produk tersebut adalah ….
a.differensial pricing c.break even pricing e.target pricing 
b.going rate pricing d.rate of return pricing 

38.Jual beli lelang di mana penawran secara lisan kepada umum dan dilaksnaakn di muka pegawai yang ditunjuk untuk itu disebut lelang ….
a.neagra c.terbuka e.bertingkat 
b.borongan d.tertutup 

39.Hal-hal yang tidak perlu dipertimbangkan dalam pemilihan sarana angkutan adalah ….
a.bianya relatif 
b.harus sepadan dengan promosi penjualan 
c.angkutan yang efektif dan efisien 
d.memilih pengangkutan yang paling tepat 
e.tidak terlepas dari besar kecilnya perusahaan 

40.Suatu anggaran mengenai jenis dan jumlah barang yang akan dijual untuk masa yang akan datang disebut ….barang dagangan. 
a.standar penjualan c.anggaran biaya e.anggaran kebutuhan 
b.anggaran penjualan d.anggaran persediaan 

41.Suatu metode dalam standar penjualan dengan membandingkan antara jumlah barang yang dibeli pada suatu periode dengan jumlah barang yang dijual pada periode yang sama disebut metode ….
a.perbandingan c.data d.historis e.penelitian khusus 
b.data khusus d.penelitian umum 

42.Biaya yang berubah-ubah sesuai dengan besarnya persediaan disebut ….
a.carrying costs c.variablecosts e.set up costs 
b.flexible costs d.procurement costs 


43.Yang tidak termasuk aliran kas keluar adalah ….
a.pembelian surat berharga b.pembelian aktiva tetap 
c.pembayaran deviden e.penerimaan pembayaran piutang
d.penarikan saham yang beredar 

44.Kepercayaan bank terhadap calon nasabah pada umumnya didasarkan atas keyakinan perusahaan yang meminta kredit disebut ….
a.kejujuran c.kekuasaan e. hukum 
b.kemampuan d.jaminan 

45.Penilaian bank terhadap pemohon kredit yang berhubungan dengan besarnya kekayaan perusahaan yang meminta kredit disebut ….
a.character b.capacity c.collateral 
d.capital e.condition 

46.Suatu jenis anggaran di mana setiap kegiatan dibutuhkan suatu norma tertentu untuk biaya yang diperlukan disebut anggaran ….
a.fleksibel c.prestasi e.jumlah maksimum 
b.tetap d.penjualan 

47.Suatu keadaan dimana dalam operasi perusahaan, perusahaan tidak memperoleh laba atau tidak menderita rugi disebut ….
a.cash flow c.net present value e.laba rugi 
b.break even point d.internal rate of retum 

48.Diketahui data sebagai berikut : 
Biaya tetap Rp. 800.000,00
Biaya variable per unit Rp. 32.000,00
Harga jual per unit Rp. 40.000,00
Besarnya BEP dalam unit adalah ….unit. 
a.50 b.75 c. 100 d.110 e.115

49.Menurut catatan akuntansi perusahaan diketahui ….
Penjualan Rp. 40.000.000,00
Biaya tetap total Rp. 30.000.000,00
Biaya variable Rp. 10.000.000,00
Maka besarnya BEP adalah ….
a.Rp. 20.000.000,00 c. Rp. 100.000.000,00 e.Rp. 40.000.000,00 
b.Rp. 50.000.000,00 d. Rp. 180.000.000,00 

50.Berikut ini yang termasuk rekening rugi laba adalah ….
a.harga pokok penjualan c.utang usaha e.perlengkapan 
b.piutang usaha d. modal usaha 

51.Yang bukan merupakan factor penyebab kegagalan suatu usaha adalah ….
a.kurangnya pengalaman dalam usaha 
b.kurangnya dana untuk modal usaha 
c.kuatnya bidang pemasaran 
d.tidak cocoknya minat dan bakat terhadap jenis usahanya 
e.tidak mempunyai semangat berwirausaha 

52.Berikut ini merupakan aspek yuridis dalam penyusunan proposal usaha, kecuali …. 
a.izin usaha yang dibutuhkan d.kondisi para pesaing 
b.status dan pemelihan usaha e.surat perjanjian dagang dengan pihak ketiga
c.AMDAL 

53.Dibawah ini merupakan aspek administrasi penyusunan proposal usaha dalam bidang pemasaran produk, kecuali …. 
a.daftar hadir karyawan c.daftar harga e.faktur pengiriman produk 
b.daftar konsumen d.tanda bukti pembayaran 

54.Berikut ini merupakan aspek pemasaran produk dalam penyusunan proposal usaha, kecuali ….
a.produk yang akan dipasarkan 
b.system penjualan produk 
c.strategi promosi 
d.distribusi yang dilakukan 
e.proses mempersiapkan pelayanan kepada konsumen 

55.Pertimbangan yang mendukung pendapat bahwa prospek usaha pada masa yang akan datang semakin cerah sebagai berikut, kecuali ….
a.bertambahnya keanekaragaman kebutuhan manusia 
b.tertutupnya fasilitas dari pemerintah untuk mengembangkan pasar domestic 
c.dukungan dana dari lembaga keuangan 
d.kemajuan teknologi transportasi 
e.terbukanya pasar domestic dan internasional 

56.Salah satu prinsip dasar dalam pengelolaan usaha adalah percaya kepada diri sendiri. Yang termasuk dalam unsure percaya pada diri sendiri adalah ….
a.memperdagangkan produk yang paling dibutuhkan konsumen 
b.mempunyai keyakinan untuk keberhasilan dalam usaha 
c.berbuat jujur terhadap orang lain 
d.disiplin untuk maju 
e.bekerja sama dengan mitra usahanya 

57.Yang bukan merupakan aspek organisasi dan manajemen dalam menyusunan proposal usaha adalah ….
a.jenis dan volume pekerjaan yang akan timbul 
b.struktur organisasi yang akan dipakai 
c.uraian pembagian pekerjaan 
d.tata tertib kerja dan keselamatan kerja 
e.system balas jasa yang akan digunakan 

58.Petunjuk di dalam penyusunan proposal usaha sebagai berikut, kecuali …. 
a.menetapkan aspek pemasaran produk 
b.mengetahui sumber keuangan 
c.mempelajari aspek AMDAL 
d.menetapkan jumlah usaha yang diinginkan 
e.melaksanakan administrasinya 

59.Kondisi para pesaing merupakan salah satu aspek penyusunan proposal yaitu aspek ….
a.produk yang dibuat c.teknis e.organisasi dan manajemen 
b.pemasaran produk d.yuridis 

60.Yang termasuk aspek administrasi dalam penyusunan proposal usaha pada bidang tata usaha dan personalia adalah ….
a.daftar hadir karyawan c.daftar harga e.pengadaan produk 
b.daftar konsumen d.tanda bukti penerimaan kas




Download Versi Word DISINI

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel