UKK Kewirausahaan Kelas XI SMK Semester 2 (Genap) TA 2015/2016 - foldersoal.com
Sunday, February 22, 2015
Edit
UKK Kewirausahaan Kelas XI SMK Semester 2 (Genap) TA 2015/2016
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas : XI (Sebelas)
I. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling tepat!
1.Yang termasuk objek ilmu menjual adalah....
a.pembeli
b.pemakaia jasa
c.penjual dan barang yang dijual
d.pendistribusian barang
e.penghasil barang
2.Pasar yang memberikan pelayanan kepada individu-individu tertentu untuk memenuhi kebutuhan secara individual disebut pasar....
a.khusus
b.tersegmentasi
c.monopoli
d.individual
e.monopsoni
3.Kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan meningkatkan penjualan disebut....
a.advertensi
b.promosi
c.personal selling
d.sales promotions
e.publicity
4.Promosi yang dilakukan melalui media cetak berupa iklan di surat kabar atau koran adalah ….
a.promosi
b.advertensi
c.personal selling
d.sales promotion
e.publicity
5.Yang termasuk aspek administrasi dalam penyusunan proposal usaha pada bidang tata usaha dan personalia adalah ….
a.daftar hadir karyawan
b.daftar harga
c.pengadaan produk
d.daftar konsumen
e.tanda bukti penerimaan kas
6.Suatu jenis anggaran di mana setiap kegiatan dibutuhkan suatu norma tertentu untuk biaya yang diperlukan disebut anggaran ….
a.fleksibel d. tetap
b.prestasi e. penjualan
c.jumlah maksimum
7.Suatu keadaan dimana dalam operasi perusahaan, perusahaan tidak memperoleh laba atau tidak menderita rugi disebut ….
a.cash flow
b.net present value
c.laba rugi
d.break even point
e.internal rate of retum
8.Diketahui data sebagai berikut :
Biaya tetap Rp. 800.000,00
Biaya variable per unit Rp. 32.000,00
Harga jual per unit Rp. 40.000,00
Besarnya BEP dalam unit adalah ….unit.
a.50 d. 110
b.75 e. 115
c.100
9.Menurut catatan akuntansi perusahaan diketahui ….
Penjualan Rp. 40.000.000,00
Biaya tetap total Rp. 30.000.000,00
Biaya variable Rp. 10.000.000,00
Maka besarnya BEP adalah ….
a.Rp. 20.000.000,00
b.Rp. 150.000.000,00
c.Rp. 40.000.000,00
d.Rp. 50.000.000,00
e.Rp. 180.000.000,00
10.Berikut ini yang termasuk rekening rugi laba adalah….
a.harga pokok penjualan
b.utang usaha
c.perlengkapan
d.piutang usaha
e.modal usaha
11.Yang bukan merupakan factor penyebab kegagalan suatu usaha adalah ….
a.kurangnya pengalaman dalam usaha
b.kurangnya dana untuk modal usaha
c.kuatnya bidang pemasaran
d.tidak cocoknya minat dan bakat terhadap jenis usahanya
e.tidak mempunyai semangat berwirausaha
12.Berikut ini merupakan aspek yuridis dalam penyusunan proposal usaha, kecuali ….
a.izin usaha yang dibutuhkan
b.kondisi para pesaing
c.status dan pemelihan usaha
d.surat perjanjian dagang dengan pihak ketiga
e.AMDAL
13.Dibawah ini merupakan aspek administrasi penyusunan proposal usaha dalam bidang pemasaran produk, kecuali ….
a.daftar hadir karyawan
b.daftar harga
c.faktur pengiriman produk
d.daftar konsumen
e.tanda bukti pembayaran
14.Berikut ini merupakan aspek pemasaran produk dalam penyusunan proposal usaha, kecuali ….
a.produk yang akan dipasarkan
b.system penjualan produk
c.strategi promosi
d.distribusi yang dilakukan
e.proses mempersiapkan pelayanan kepada konsumen
15.Pertimbangan yang mendukung pendapat bahwa prospek usaha pada masa yang akan datang semakin cerah sebagai berikut, kecuali ….
a.bertambahnya keanekaragaman kebutuhan manusia
b.tertutupnya fasilitas dari pemerintah untuk mengembangkan pasar domestic
c.dukungan dana dari lembaga keuangan
d.kemajuan teknologi transportasi
16.Untuk pengangkutan barang-barang berat dalam jarak jauh dipilih alternative angkutan berupa….
a.kereta api d. truk
b.kapal laut e. kapal udara
c.bus
17.Faktor-faktor terjadinya jual beli sebagai berikut, kecuali ….
a.barang dagangan d. calon pembeli
b.calon penjual e. perantara
c.kata sepakat
18.Harga jual produk yang ditetapkan dengan cara menambahkan suatu persentase tertentu dari total biaya variable atau harga beli dari seorang pedagang disebut ….
a.mark up pricing d. surplus pricing
b.cost plus pricing e. target pricing
c.dumping pricing
19.Penetapan harga dimana perusahaan mengetahui bagaimana satuan produk itu dijual pada harga tertentu untuk mengembalikan dana yang tertanam dalam produk tersebut adalah ….
a.differensial pricing d. going rate pricing
b.break even pricing e. rate of return pricing
c.target pricing
20.Jual beli lelang di mana penawran secara lisan kepada umum dan dilaksnaakn di muka pegawai yang ditunjuk untuk itu disebut lelang ….
a.neagra d. borongan
b.terbuka e. tertutup
c.bertingkat
21.Hal-hal yang tidak perlu dipertimbangkan dalam pemilihan sarana angkutan adalah ….
a.bianya relatif
b.harus sepadan dengan promosi penjualan
c.angkutan yang efektif dan efisien
d.memilih pengangkutan yang paling tepat
e.tidak terlepas dari besar kecilnya perusahaan
22.Suatu anggaran mengenai jenis dan jumlah barang yang akan dijual untuk masa yang akan datang disebut ….barang dagangan.
a.standar penjualan
b.anggaran biaya
c.anggaran kebutuhan
d.anggaran penjualan
e.anggaran persediaan
23.Suatu metode dalam standar penjualan dengan membandingkan antara jumlah barang yang dibeli pada suatu periode dengan jumlah barang yang dijual pada periode yang sama disebut metode ….
a.perbandingan d. data khusus
b.data histories e. penelitian umum
c.penelitian khusus
24.Biaya yang berubah-ubah sesuai dengan besarnya persediaan disebut ….
a.carrying costs d. flexible costs
b.variable costs e. procurement costs
c.set up costs
25.Yang tidak termasuk aliran kas keluar adalah ….
a.pembelian surat berharga
b.pembelian aktiva tetap
c.pembayaran deviden
d.penerimaan pembayaran piutang
e.penarikan saham yang beredar
26.Kepercayaan bank terhadap calon nasabah pada umumnya didasarkan atas keyakinan perusahaan yang meminta kredit disebut ….
a.kejujuran d. kemampuan
b.kekuasaan e. jaminan
c.hukum
27.Penilaian bank terhadap pemohon kredit yang berhubungan dengan besarnya kekayaan perusahaan yang meminta kredit disebut ….
a.character d. capital
b.capacity e. condition
c.collateral
28.Menetapkan harga produk murah dan kualitas produknya juga rendah disebut strategi ….
a.premium d. penetrasi
b.super bargain e. shoody goods
c.cheap goods
29.Product approach merupakan salah satu cara penjual untuk mendekati pembeli dengan ….
a.melalui peragaan
b.suatu kejutan
c.memberi pujian
d.melalui barang dagangan
e.memberi manfaat
30.Salah satu pendekatan yang dilakukan penjual kepada pembeli melalui peragaan disebut ….
a.compliment approach
b.consumer benefit approach
c.product approach
d.attention approach
e.showmanship approach
31.Seseorang membeli barang karena merasa malu kalau dikalahkan oleh rivalnya sehingga ia membeli barang seperti yang sudah dibeli rivalnya. Motif dalam pembelian ini adalah motif ….
a.kreatif dan takut d. rasa malu
b.bersaing e. iri hati
c.kebanggaan
32.Surat perjanjian yang disaksikan dan disahkan oleh suatu badan yang berwenang disebut perjanjian ….
a.autentik d. dibawah tangan
b.resmi e. niaga
c.kerja sama
33.Potongan timbangan pembungkus barang yang diberikan penjual kepada pembeli karena barang yang diserahkan ternyata masih terbungkus disebut….
a.rafaksi d. cash discount
b.rabat e. tara
c.group discount
34.Dalam suatu perjanjian jual beli yang dimaksud dengan pihak pertama adalah .…
a.saksi d. penjual
b.penghubung e. pembeli
c.komisioner
35.Suatu sacara tententu yang digunakan pada waktu melakukan negosisasi dalam upaya untuk memperoleh suatu hasil persetujuan yang terbaik untuk pihak-pihak yang berunding disebut ….
a.strategi d. taktik
b.teknik e. sasaran
c.tujuan
36.Alasan menggunakan saluran distribusi sebagai berikut, kecuali ….
a.adanya kebutuhan yang harus dipenuhi
b.penghematan biaya
c.produsen dapat berkonsentrasi dalam berproduksi
d.jarak yang terlalu dekat antara produsen dan konsumen
e.penghematan waktu
37.Untuk menyalurkan barang convenience goods menggunakan saluran secara ….
a.banyak perantara d. intensif
b.ekstensif e. selektif
c.eksklusif
38.Keputusan tentang temapt penyaluran produk dipengaruhi oleh berikut ini, kecuali ….
a.biaya dan lamanya tempat penyaluran
b.luas tempat penyaluran
c.biaya produksi
d.persediaan produknya
e.keamanan tempat penyaluran produk
39.Lokasi pemasaran yang diinginkan oleh para konsumen sebagai berikut, kecuali ….
a.adanya fasilitas parkir yang luas
b.fasilitas transportasi yang cukup tersedia dan lancar
c.keamanan dan keselamatan konsumen terjamin
d.fasilitas pemerintah setempat yang sangat menunjang
e.cukup tersedianya produk-produk yang dibutuhkan
40.Pemajangan barang dagangan yang dilakukan di luar toko untuk menarik perhatian konsumen yang enggan masuk ke toko disebut ….
a.open display d. window display
b.exterior display e. interior display
c.attraction display
41.Ciri-ciri personal selling adalah sebagai berikut, kecuali ….
a.identitas sponsornya jelas
b.biaya relative tinggi
c.ada keleluasaan dalam penampilan
d.sasarannya sangat luas
e.konsumen memberikan respon seketika kepada tenaga penjual
42.Cara prospecting yang ditempuh salesman dengan menggunakan petugas penarik tagihan rekening air, pengantar Koran atau penjual makanan untuk mencari keterangan tentang kebutuhan konsumen yang dituju disebut cara ….
a.berantai tanpa akhir
b.cold canvass
c.penggunaan pusat pengaruh
d.bid dog
e.langsung
43.Yang tidak termasuk pre approach (pendekatan pendahuluan) adalah ….
a.mengatasi keberatan konsumen
b.menghindari kemungkinan terjadinya kekeliruan
c.mendapatkan tambahan keterangan tentang prospek
d.supaya salesman lebih meyakini dengan tugasnya
e.memperoleh gambaran tentang pendekatan yang paling sesuai untuk prospek
44.Harga taksiran pembeli dan penjual terhadap barang akan dibeli atau dijual disebut harga ….
a.subjektif d. objektif
b.bebas e. pabrik
c.dumping
45.Harga yang diberitahukan terlebih dahulu dan biasanya pembeli akan memperoleh suatu potongan disebut harga ….
a.objektif d. daftar
b.neto e. pabrik
c.produk
46.Advertensi yang berhasil dapat memberikan keuntungan berikut, kecuali ….
a.mencapai sasaran yang dimaksud perusahaan
b.meningkatkan efisiensi pemakaian modal kerja
c.biaya produksi dan biaya pemasaran turut meningkat
d.omset penjualan dapat meningkat
e.laba usaha tiap unit dan laba todal meningkat
47.Contoh media advertensi berupa direct advertising adalah ….
a.slides d. papan reklame
b.majalah e. radio
c.kalender
48.Berikut ini yang bukan cirri-ciri sales promotion adalah ….
a.ada respon langsung konsumen terhadap perusahaan
b.biaya relative tinggi
c.memiliki kemampuan persuasi yang kuat
d.identitas sponsornya jelas
e.sasarannya luwes
49.Tujuan perusahaan menetapkan harga produknya antara lain sebagai berikut, kecuali untuk ….
a.meraih rate of return
b.meningkatkan volume penjualan
c.mendapatkan share pasar
d.mencapai likuiditas
e.mendapatkan laba maksimum
50.Sasaran penetapan harga yang berorientasi pada penjualan tujuannya untuk ….
a.mencapai target laba investasi
b.meningkatkan bagian pasar
c.menangkal persaingan
d.memaksimalkan laba
e.menstabilkan harga
51.Salah satu prinsip dasar dalam pengelolaan usaha adalah percaya kepada diri sendiri. Yang termasuk dalam unsure percaya pada diri sendiri adalah ….
a.memperdagangkan produk yang paling dibutuhkan konsumen
b.mempunyai keyakinan untuk keberhasilan dalam usaha
c.berbuat jujur terhadap orang lain
d.disiplin untuk maju
e.bekerja sama dengan mitra usahanya
52.Yang bukan merupakan aspek organisasi dan manajemen dalam menyusunan proposal usaha adalah ….
a. jenis dan volume pekerjaan yang akan timbul
b. struktur organisasi yang akan dipakai
c.uraian pembagian pekerjaan
d.tata tertib kerja dan keselamatan kerja
e.system balas jasa yang akan digunakan
53.Ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterimanya. Pernyataan tersebut adalah batasan menjual menurut ….
a. K.B Haas dan J.S Konox
b. E.C Pery dan K.B Haas
c. J.S Konox
d. K.B Haas
d. E.C Pery
54.Suatu alat komuniksi untuk menyampaikan informasi atau warta secara tertulis dari satu pihak kepada pihak lain disebut ….
a. surat d. memorandum
b. telegram e. telex
c. kartu pos
55.Untuk mencatat semua pembayaran produk yang dibayar dengan uang kas dipergunakan jurnal …...
a. penjualan d. umum
b. pembelian e. pengeluaran kas
c. penerimaan kas
Berbagai Sumber