Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sd/Mi Kelas 4 Kurikulum 2013 - foldersoal.com
Thursday, April 28, 2016
Edit
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di kawasan bermain
Kompetensi Dasar
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
3.5. Menguraikan pendapat eksklusif wacana isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menggali pengetahuan gres yang terdapat pada teks nonfiksi
3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang gres diketahui dari teks nonfiksi
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.10. Membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks menurut keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
4.2. Menyajikan hasil pengamatan wacana keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
4.3. Melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
4.4. Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengomunikasikan pendapat eksklusif wacana isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara verbal dan tulis yang didukung oleh alasan
4.6. Melisankan puisi hasil karya eksklusif dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyampaikan pengetahuan gres dari teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan usang dengan pengetahuan gres secara tertulis dengan bahasa sendiri
4.9. Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
Demikian wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Semoga bermanfaat. Berbagai Sumber
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di kawasan bermain
Kompetensi Dasar
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual
3.2. Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
3.3. Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara memakai daftar pertanyaan
3.4. Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
3.5. Menguraikan pendapat eksklusif wacana isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menggali pengetahuan gres yang terdapat pada teks nonfiksi
3.8. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang gres diketahui dari teks nonfiksi
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.10. Membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1. Menata informasi yang didapat dari teks menurut keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan
4.2. Menyajikan hasil pengamatan wacana keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan
4.3. Melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
4.4. Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengomunikasikan pendapat eksklusif wacana isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara verbal dan tulis yang didukung oleh alasan
4.6. Melisankan puisi hasil karya eksklusif dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyampaikan pengetahuan gres dari teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan usang dengan pengetahuan gres secara tertulis dengan bahasa sendiri
4.9. Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil membanding-kan tabiat setiap tokoh pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
Demikian wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. Semoga bermanfaat. Berbagai Sumber