KKM, UN dan Disorientasi Tujuan Pendidikan - foldersoal.com
Friday, May 11, 2018
Edit
Kelemahan guru dalam menggali potensi peserta didik menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan di tanah air. Sebagian besar guru masih memaksakan kehendaknya tanpa memperhatikan kebutuhan, minat serta bakat yang dimiliki anak didiknya. Alih – alih berperan sebagai rumah kedua yang nyaman untuk dihuni, sekolah justru telah merampas kesempatan anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Related
Kedua, dipertahankannya Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu instrument untuk mengukur keberhasilan proses belajar maupun demi kepentingan pemetaan mutu pendidikan di setiap daerah mengakibatkan pembelajaran yang diselenggarakan lagi – lagi berorientasi pada nilai akademik. Adapun upaya pembentukan karakter serta pengembangan potensi anak sebagaimana yang diharapkan dalam setiap proses pembelajaran tidak mendapatkan porsi yang seharusnya. Akibatnya, upaya untuk membentuk generasi unggul berkarakter pun berjalan secara parsial. Anak acap kali dituntut untuk mampu menyelesaikan soal – soal di atas kertas. Namun, kemampuan mereka untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi jarang sekali diasah.
Baca: Sekolah Masa Depan dan Guru yang Dibutuhkan
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa disorientasi tujuan pendidikan seperti yang terjadi saat ini bukan semata – mata disebabkan oleh ketidakmampuan guru dalam menggali potensi anak, melainkan lebih disebabkan oleh aturan yang dibuat oleh pemerintah sendiri. Pemberlakuan KKM serta penyelenggaraan UN yang semakin dipertanyakan kebermanfaatannya sejatinya telah membelenggu kreativitas guru sekaligus memaksa mereka untuk berlaku tidak jujur dengan memberikan nilai yang tidak sesuai dengan kemampuan anak.
*) Ditulis oleh Ramdan Hamdani. Praktisi Pendidikan, Pemerhati Masalah Sosial
Berbagai Sumber