Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sd/Mi Kelas 5 Kurikulum 2013 - foldersoal.com
Wednesday, April 27, 2016
Edit
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 SD/MI mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 5.
A. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menentukan pokok pikiran dalam teks ekspresi dan tulis
3.2. Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.3. Meringkas teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
3.4. Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.5. Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara ekspresi dan tulis memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.6. Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara ekspresi dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
3.8. Menguraikan urutan insiden atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
3.9. Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat ajakan (ulang tahun, aktivitas sekolah, kenaikan kelas, dll.)
B. KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan ekspresi secara lisan, tulis, dan visual
4.2. Menyajikan hasil penjabaran informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana memakai kosakata baku
4.3. Menyajikan ringkasan teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual
4.4. Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan derma lisan, tulis, dan visual
4.5. Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
4.6. Melisankan pantun hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri
4.8. Menyajikan kembali insiden atau tindakan dengan memperhatikan latar dongeng yang terdapat pada teks fiksi
4.9. Membuat surat ajakan (ulang tahun, aktivitas sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan Berbagai Sumber
A. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menentukan pokok pikiran dalam teks ekspresi dan tulis
3.2. Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.3. Meringkas teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
3.4. Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.5. Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara ekspresi dan tulis memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.6. Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara ekspresi dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
3.7. Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
3.8. Menguraikan urutan insiden atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
3.9. Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat ajakan (ulang tahun, aktivitas sekolah, kenaikan kelas, dll.)
B. KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan ekspresi secara lisan, tulis, dan visual
4.2. Menyajikan hasil penjabaran informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana memakai kosakata baku
4.3. Menyajikan ringkasan teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual
4.4. Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan derma lisan, tulis, dan visual
4.5. Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
4.6. Melisankan pantun hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
4.7. Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri
4.8. Menyajikan kembali insiden atau tindakan dengan memperhatikan latar dongeng yang terdapat pada teks fiksi
4.9. Membuat surat ajakan (ulang tahun, aktivitas sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhati-kan penggunaan ejaan Berbagai Sumber