Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sd/Mi Kelas 6 Kurikulum 2013 - foldersoal.com
Wednesday, April 27, 2016
Edit
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Mata Pelajaran bahasa Indonesia.
A. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di daerah bermain
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menyimpulkan informasi menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
3.2. Menggali isi teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.3. Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca
3.4. Menggali informasi penting dari buku sejarah memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.5. Membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa
3.6. Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
3.7. Memperkirakan informasi yang sanggup diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya menurut membaca judulnya saja)
3.8. Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
3.9. Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
3.10. Mengaitkan insiden yang dialami tokoh dalam kisah fiksi dengan pengalaman pribadi
B. KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menyajikan final secara verbal dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti
4.2. Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif
4.3. Menyampaikan pidato hasil karya langsung dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri
4.4. Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi
4.6. Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya
4.7. Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh menurut membaca judul teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang dibutuhkan dengan informasi yang diperoleh sehabis membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.9. Menyampaikan klarifikasi wacana tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil pengaitan insiden yang dialami tokoh dalam kisah fiksi dengan pengalaman langsung secara lisan, tulis, dan visual
Berbagai Sumber
A. KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di daerah bermain
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menyimpulkan informasi menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
3.2. Menggali isi teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
3.3. Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca
3.4. Menggali informasi penting dari buku sejarah memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.5. Membandingkan karakteristik teks puisi dan teks prosa
3.6. Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
3.7. Memperkirakan informasi yang sanggup diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya menurut membaca judulnya saja)
3.8. Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
3.9. Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
3.10. Mengaitkan insiden yang dialami tokoh dalam kisah fiksi dengan pengalaman pribadi
B. KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR
4.1. Menyajikan final secara verbal dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti
4.2. Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif
4.3. Menyampaikan pidato hasil karya langsung dengan memakai kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri
4.4. Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan memakai aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif
4.5. Mengubah teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks puisi
4.6. Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya
4.7. Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh menurut membaca judul teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.8. Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang dibutuhkan dengan informasi yang diperoleh sehabis membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.9. Menyampaikan klarifikasi wacana tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.10. Menyajikan hasil pengaitan insiden yang dialami tokoh dalam kisah fiksi dengan pengalaman langsung secara lisan, tulis, dan visual